TVET INDONESIA SELAMAT DATANG DI BLOG TVET INDONESIA TVET INDONESIA

Jumat, 28 April 2017

KEDUDUKAN EVALUASI DALAM MENEJEMEN PENDIDIKAN KEJURUAN - TVET INDONESIA

Pendidikan kejuruan sebagai pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia untuk dapat memiliki kompetensi sehingga siap untuk bekerja. Program program pendidikan kejuruan perlu di evaluasi sebgai langkah untuk melihat seberapa jauh program yang telah di canangkan dapat tercapai. Kedudukan evaluasi dalam menejemen pendidikan kejuruan terdiri dari 4 macam diantaranya yaitu:
  • -          Planning
  • -          Organising
  • -          Staffing
  • -          Actuating
  • -          Controlling

Monitoring :  merupakan suatu proses atau kehiatan yang di lakukan oleh pimpinan untuk melihat apa yang sedang di lakukan oleh bawahan. (proses melihat). Monitoring di lakukan pada saat programkegiatan sedang berlangsung dengan melakukan observasi di lapangan. Monitoring program sangat penting di lakukan, hal di lakukan karena monitoring bertujuan untuk
  • -          Mengetahui tujuan program yang telah di rencanakan dapat tercapai.
  • -          Mengetahui program berjalan sesuai dengan yang di rencanakan.
  • -          Mengetahui hambatan-hambatan apa yang terjadi
  • -          Menentukan alternative cara mengatasi masalah.

Selain mengadakan monitoring di lapangan, dalam evaluasi di perlukan juga supervise. Supervisi hampir sama dengan monitoring namun sekaligus melakukan pembenahan-pembenahan terhadap program yang yang sedang berlangsung.
-          Evaluasi program
Evaluasi  : evaluasi merupakan suatu proses untuk identivikasi masalah, mengumpulkan data, menganalisis, menyajikan informasi untuk pembuatan keputusan . Program merupakan rentetan kegiatan yang tersistim, ada tujuan, ada sasaran, ada prosedur, ada kriteria keberhasilan.  Contoh program :
-          Pelatihan preventif maintenance bagi wakil kepala sekolah kejuruan bidang sarana prasarana
-          Pelatihan perpustakaan SMK.

Process of determining to what extent the educational objectivies are being realized (tyler)

Proses untuk menentukan sejauh mana tujuan pendidikan telah di capai.  Evaluasi bisa di pandang sebagai cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (cronbach)

Comparison of a performance to same standart to determaine wether discripancies existed(provous)

Cara membandingkan perilaku dengan standar yang telah di tetukan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan.

0 komentar:

Posting Komentar