TVET INDONESIA SELAMAT DATANG DI BLOG TVET INDONESIA TVET INDONESIA

Jumat, 21 April 2017

3 Program Keahlian SMK Paling Favorit

             Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang beorientasi pada penyiapan sumber daya manusia yang siap kerja maupun berwirausaha. di harapkan dengan adanya pendidikan kejuruan akan mempermudah seseorang untuk memperoleh pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidupnya. pemerintah indonesia juga telah mencanangkan program untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten. untuk menghadapi persaingan global di butuhkan skill yang dapat di terima agar masyarakat indonesia dapat bersaing  di tingkat internasional. 

          Program pemerintah meliputi peningkatan jumlah SMK yang ada di indonesia, persentase perbandingan antara pendidikan SMA dan SMK saat ini berbanding 30:70. peningkatan SMK bukan hanya dalam kuantitas melainkan  juga di iringi dengan upaya peningkatan kualitas yang terus berkesinambungan. 


               Peningkatan jumlah SMK di sambut hangat oleh masyarakat, orang tua dan siswa sangat antusias untuk dapat belajar di SMK, harapannya sama, mereka  berharap ingin dapat bekerja setalah lulus dari SMK. terdapat beberapa program keahlian yang sangat laris dan banyak peminatnya, berikut ini adalah 3 program keahlian yang sangat di minati;

1. Program keahlian Teknik Sepeda Motor.
     
      Teknik sepeda motor merupakan program keahlian yang menyiapkan siswanya untuk memiliki kompetensi di bidang sepeda motor. hampir di setiap SMK memiliki program keahlian ini. dengan belajar pada program keahlian sepeda motor siswa SMK kebanyakan berharap setelah lulus bisa bekerja di industri otomotif, sebagian besar ini bekerja di beberapa perusahaan di bawah ini, berikut ini adalah industri yang banyak di incar oleh SMK program keahlian TSM;
                  a. PT.Yamaha Indonesia
                  b. PT.Astra Honda Motor
2. Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
     
        pendidikan teknik kendaraan ringan memiliki jumlah peminat yang sangat banyak, awal pendirian pendidikan SMK Jurusan otomotif dahulu adalah program TKR. jumlah program keahlian ini terus meningkat dari tahun ketahun, setelah lulus dari rogramkeahlian ini diharapkan siswa bisa berwirausaha atau bekerja di industri, adapun peluangbekerja di industri diantaranya di industri astra daihatsu, astra toyota, nissan, suzuki, komatsu dan insdustri lainnya.

3. Teknik Komputer Jaringan

         kebutuhan akan komputer terus meningkat seiring dengan meningkatnya pengguna komputer. hal tersebut merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk di geluti. dengan banyaknya pengguna komputer turut menunjang pertumbuhan industri komputer. pendidikan kejuruan menyediakan jurusan teknik komputer jaringan untuk menyediakan tenaga kerja ynag ahli dan profesional di bidang komputer dan jaringan.

TVET di indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia industri. berbagai program keahlian bermunculan sesuai dengan kebutuhan dunia industri akan tenaga kerja yang profesional. oleh sebab itu belajar di SMK merupakan opsi yang tepat apabila ingin bekerja di industri.

0 komentar:

Posting Komentar